Pages

Formulation of Communication Strategy

PERUMUSAN STRATEGI KOMUNIKASI

Khalayak memiliki kekuatan penangkal yang bersifat psikologi dan sosial bagi setiap pengaruh yang berasal dari luar diri dan kelompoknya. Disamping itu, khalayak tidak hanya dirangsang oleh hanya satu pesan saja melainkan banyak pesan dalam waktu yang bersamaan. Artinya terdapat juga kekuatan pengaruh dari pesan-pesan lain yang datang dari sumber (komunikator) lain dalam waktu yang sama, maupun sebelum dan sesudahnya.

Oleh sebab itu, maka pesan sebagai satu-satunya kekuatan yang dimiliki oleh komunikator harus mampu mengungguli semua kekuatan yang ada untuk mencapai efektivitas. Kekuatan pesan ini, dapat didukung oleh metode penyajian, media dan kekuatan kepribadian komunikator sendiri.

Dalam hal ini maka perencanaan dan perumusan strategi dalam proses komunikasi, terutama dalam Komunikasi Inovasi, Public Relation, Komunikasi Internasional dan sebagainya, semakin jelas diperlukan.

Agar pesan yang disampaikan kepada sasaran (public) menjadi efektif, Arifin (1984:59-75) menawarkan strategi-strategi komunikasi sebagai berikut:

  1. Mengenal Khalayak.
  2. Menyusun Pesan.
  3. Menetapkan Metode.
  4. Seleksi Penggunaan Media


REFERENSI

  • Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.