PERUMUSAN STRATEGI KOMUNIKASI
Khalayak memiliki kekuatan penangkal yang bersifat psikologi dan sosial
bagi setiap pengaruh yang berasal dari luar diri dan kelompoknya. Disamping
itu, khalayak tidak hanya dirangsang oleh hanya satu pesan saja melainkan
banyak pesan dalam waktu yang bersamaan. Artinya terdapat juga kekuatan
pengaruh dari pesan-pesan lain yang datang dari sumber (komunikator) lain dalam
waktu yang sama, maupun sebelum dan sesudahnya.
Oleh sebab itu, maka pesan sebagai satu-satunya kekuatan yang dimiliki oleh komunikator harus mampu mengungguli semua kekuatan yang ada untuk mencapai efektivitas. Kekuatan pesan ini, dapat didukung oleh metode penyajian, media dan kekuatan kepribadian komunikator sendiri.
Dalam hal
ini maka perencanaan dan perumusan strategi dalam proses komunikasi, terutama
dalam Komunikasi Inovasi, Public Relation, Komunikasi Internasional dan
sebagainya, semakin jelas diperlukan.
Agar pesan yang disampaikan kepada sasaran (public) menjadi efektif, Arifin (1984:59-75) menawarkan strategi-strategi komunikasi sebagai berikut:
- Mengenal Khalayak.
- Menyusun Pesan.
- Menetapkan Metode.
- Seleksi Penggunaan Media
REFERENSI
- Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.