Pages

Objectives of Communication Strategy

TUJUAN STRATEGI KOMUNIKASI

Strategi komunikasi bertujuan menciptakan pengertian dalam berkomunikasi, membina dan memotivasi agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan pihak komunikator. R. Wayne Pace, Brent D. Peterson dan M. Dallas Burnet (dalam Rusady Ruslan, 2008:37) menuliskan ada 4 (empat) tujuan strategi komunikasi, yaitu:

  1. To secure understanding, yaitu untuk memastikan bahwa terjadi suatu pengertian dalam berkomunikasi. Memberikan pengaruh pada komunikan melalui pesan-pesan yang disampaikan untuk mencapai tujuan dari organisasi.
  2. To establish acceptance, yaitu bagaimana cara penerimaan itu terus dibina dengan baik. Setelah komunikan menerima dan mengerti pesan yang disampaikan, pesan tersebut perlu dikukuhkan dalam benak komunikan agar menghasilkan feedback yang mendukung pencapaian tujuan komunikasi.
  3. To move action, yaitu penggiatan untuk memotivasinya. Komunikasi selalu memberi pengertian yang diharapkan dapat mempengaruhi atau mengubah perilaku komunikan sesuai dengan keinginan komunikator. Jadi, strategi komunikasi ditujukan untuk merubah perilaku komunikan.
  4. To goals which the communicator sought to achieve, artinya bagaimana mencapai tujuan yang hendak dicapai oleh pihak komunikator dari proses komunikasi tersebut.
Dalam penerapan strategi komunikasi ini, khususnya upaya transparansi kepada stakeholder, komunikasi menjadi sangat penting. Komunikasi yang berlangsung diarahkan pada pembentukan persepsi yang positif mengenai isi pesan oleh kelompok atau kelompok yang menerima pesan tersebut. Dengan adanya penciptaan persepsi yang positif, maka penerima pesan akan terpersuasi untuk melakukan perubahan sikap sebagai tanggapan yang positif terhadap isi pesan yang diterima.


REFERENSI

  • Ruslan, Rosady. 2008. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.