Pages

Defenition of Communication Strategy

PENGERTIAN STRATEGI KOMUNIKASI

Strategi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan. Namun, untuk mencapai suatu tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, tetapi harus menunjukkan bagaimana taktik operasionalnya. Demikian pula strategi komunikasi.

Menurut Onong Uchjana Effendy (2008:29) dalam buku yang berjudul “Dinamika Komunikasi” mengatakan bahwa:


Strategi komunikasi merupakan panduan dari perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen (management planning) untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai suatu tujuan tersebut strategi komunikasi harus dapat menunjukkan secara taktis bagaimana operasionalnya. Dalam arti kata bahwa pendekatan (approach) bisa berbeda sewaktu-waktu, bergantung pada situasi dan kondisi”.


Seorang pakar perencanaan komunikasi Middleton (dalam Cangara, 2014:61) membuat definisi dengan menyatakan bahwa:


Strategi komunikasi adalah kombinasi terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran, penerima sampai pada pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal”.


REFERENSI

  • Cangara, Hafied. 2014. Edisi kedua. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

  • Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.